Thursday, July 30, 2020

Keutamaan Hari Arafah Bagi Yang Tidak Berhaji


Apakah #berdoa_di_hari_arafah adalah suatu keutamaan yang dapat diamalkan juga bagi yang tidak menunaikan ibadah haji?

Ibadah wukuf di Arafah bagi para jamaah haji pada hakikatnya berkumpul dua keutamaan yang agung yaitu #kemuliaan_tempat dan #kemuliaan_waktu.

Di hari yang mulia ini Allah Subhanahu Wa Ta'ala paling banyak membebaskan manusia dari neraka. Aisyah radhiyallahu anha meriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata: Apa yang mereka inginkan?” [HR. Muslim no. 1348]

Walakin, apakah berlaku juga bagi yang tidak berhaji?
Sebagian ulama memandang bahwa keutamaan #hari_arafah bukan hanya untuk para #jamaah_haji saja berdasarkan keumuman hadits:

أفضل الدعاء دعاء يوم عرفة
رواه مالك في "الموطأ" ( 500 ) وحسَّنه الألباني في " صحيح الجامع " ( 1102 )

Sebaik-baik doa ialah pada hari Arafah.
(HR. Malik dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al Jami')

Dalam hadits Tirmidzi yang dishohihkan oleh Al-Albani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَناَ وَالنَّبِيُّوْنَ مِنْ قَبْلِيْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

Sebaik-baik doa adalah doa hari Arafah, dan sebaik-baik ucapan yang aku dan para nabi sebelumku ucapkan adalah La ilaha illallah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadir.”

Apakah boleh datang ke Masjid untuk berdoa pada hari Arafah?

Berkumpul di masjid untuk berdoa, berdzikir pada hari #arafah tidak ada keterangan langsung dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
Oleh karena itu Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah tidak mengamalkannya, namun beliau memberikan keringanan dan tidak melarang untuk melakukannya berdasarkan beberapa perbuatan sahabat seperti Ibnu Abbas, Amru bin Huraits radhiallahu anhum.

Kapan waktu yang baik untuk berdoa di hari Arafah?

Waktu yang mustajab untuk berdoa di hari Arafah ditandai dengan masuknya waktu wukuf yaitu dari masuknya sholat dhuhur hingga terbenamnya matahari atau masuknya sholat magrib. Maka selayaknya kita memaksimalkan berdoa dan berdzikir pada waktu-waktu tersebut.

Semoga Allah Ta'ala memberikan taufik-Nya kepada kita semuanya. Dan semoga pada hari yang mulia ini kita termasuk orang-orang yang dibebaskan dari api neraka.

Sumber rujukan:
Dikumpulkan secara ringkas dari berberapa fatwa dan fawaid ilmiah karya para ulama.


No comments:

Post a Comment