Sunday, July 26, 2020

Keteladanan Yang Mengagumkan Dari Seorang Imam Ibnu Baz Rahimahullah Dalam Dakwah dan Akhlak

Kalau kita membaca biografi dan mendengarkan penuturan murid para masyaikh imam dakwah di Arab Saudi seperti Syaikh Ibnu Baz dan Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahumallah dari sisi akhlak dalam berinteraksi dengan manusia maka kita akan terheran-heran penuh takjub dan kagum dengan kemuliaan akhlak para masyaikh yang dikenali sebagai Imam dakwah salafiyah abad ini.

Diceritakan oleh Syaikh Abdurrahim Al-Hindi; Suatu ketika syaikh Ibnu Baz rahimahullah didatangi oleh seorang penuntut ilmu yang penuh rasa ghirah menceritakan kepada Syaikh Ibnu Baz rahimahullah bahwa disuatu negeri kafir ada sekumpulan kaum muslimin yang jarang mendirikan shalat dan suka meminum khamar, apa pendapat mu wahai syaikh? Lalu syaikh mengatakan "alhamdulillah mereka adalah muslim dan mereka butuh dakwah". Lalu penanya seolah kurang menerima jawaban syaikh lalu berkata mereka minum khamar syaikh! Lalu syaikh menjawab mereka masih muslim. Sementara kita tahu bahwa syaikh Ibnu Baz rahimahullah sangat tegas bagi orang-orang yg meninggalkan sholat dan pelaku maksiat namun mauqif kelembutan beliau sangat hikmah dan bijaksana melihat keadaan yg berlaku di suatu tempat.
Semoga Allah Ta'ala merahmati dan mengampuni mereka para ulama kaum muslimin.

Alhamdulillah di kota Riyadh mayoritas para masyaikh itu adalah murid-murid Syaikh Ibnu Baz rahimahullah, mereka selalu menceritakan tentang riwayat dan keseharian mereka bersama Syaikh Ibnu Baz rahimahullah.
Termasuk kami pernah medengarkan kisah langsung dari murid asy-syaikh yang bernama syaikh Muhammad Al Khudhoir hafizhahullah diantaranya ialah kisah tentang jasa dan peran syaikh Ibnu Baz dalam menyelamatkan nyawa Najmudddin Erbakan yang oleh rezim sekuler Turki di zamannya ketika itu mem-punish beliau dengan hukuman mati.
Jadi boleh dikata bahwa ada peran tidak langsung Syaikh Ibnu Baz rahimahullah dalam muncul nya Erdogan dalam kancah politik Turki mewakili Islamis sebagai seorang penerus dari dakwah Erbakan.

Juga ada kisah tentang peranan syaikh Bin Baz rahimahullah dalam menyelamatkan nyawa para dai di Somalia yang hampir di hukum mati oleh pemerintah Somalia ketika itu, Surat menyurat syaikh kepada pemimpin Iran dan ajakan untuk mengikuti jalan ahlusunnah waljamaah, dakwah kepada pemimpin non muslim untuk masuk Islam dll... Subhanallah... Rahimahullah Asy-Syaikh.

Termasuk kebijakan beliau rahimahullah ketika menjabat rektor Madinah untuk merangkul para masyaikh ulama asyairah dari berbagai belahan dunia untuk bergabung di jamiah Islamiyah padahal kita ketahui bahwa pendirian beliau dalam masalah Aqidah sangat tegas terhadap asyairah dan sangat teguh dengan akidah salafiyah.

Semoga Allah Ta'ala merahmati dan mengampuni beliau dan melapangkan kuburnya serta kita diberikan taufk untuk mengambil qudwah dari mereka.

Riyadh, KSA
Di Musim Panas 5 Dzulhijjah 1441 H
Di masa-masa wabah COVID-19 yang sudah tidak lockdown

No comments:

Post a Comment